BEDA BALA MUSIBAH DAN UQUBAH




Masyarakat awam sering mengatakan kata bala musibah uqubah atau siksaan dalam suatu perspektif,    makna lain dari pada itu sebenarnya jika di elisik lebih mendalam ada perbedaan antara kata bala musibah atau uqubah.

Bala yang berarti sebuah cobaan dan kata ini lebih umum dari pada musibah,    Dimana kata bala bisa berupa sesuatu yang tidak menyenangkan, Dan bisa pula menjadi sesuatu hal yang menyenangkan,    Dan hal ini hanya terjadi terhadap orang-orang yang sudah dewasa ( Mukallaf ).

Dan musibah adalah,    pengertian musibah yang hanya berisikan sesuatu hal yang tidak menyenangkan, menyakitkan atau menyedihkan,    Dan musibah dapat menimpa orang-orang dewasa ( Mukallaf ) maupuan anak-anak yang belum dewasa.

Sedangkan uqubah sendiri memiliki arti siksaan,    dan uqubah (siksaan) tidak akan meimpa seseorang kecuali di dahului sebuah dosa atau kesalahan yang telah di lakukan.    Dan berupa bentuknya adalah lahiriyah atau batiniyah,    Contoh uqubah (siksaan ) lahiriyah sebagaimana kehilangan, kesakitan, kematian, kebangkrutan dan sebagainya yang nampak secara lahir atau wujud,    Sedangkan uqubah ( siksaan ) batin,    sebagaimana hati yang merasa gundah, sedih, tidak bahagia, serta berbagai perasaan yang tidak mengenakan yang terdapat pada batin seseorang.

Adapun dari segi maksud dan tujuanya uqubah mempunyai dua bentuk,

Pertama ( Mukoffafah ) ringan,    

kedua (Mugholladzoh (berat,    

Uqubah Mukhoffafah,     disebut jiga dengan khifaroh ( pelebur dosa ) hal ini terjadi untuk membersihkan manusia,     dari kesalahan dosa dan kekhilafan sebabagai pengingat untuk kembali ke jalan yang benar, mendekatkan diri kepada ALLAh swt.    

Sedangkan uqubah mugholladzoh,     disebut juga gadab ( amarah allah ) merupakan hukuman untuknya atas dosa dan kesalahany yang telah dilakukan.


Perbedaa musibah dan uqubah : 

Uqubah merupakan buah dari dosa yang dilakukan ,    tidak dengan musibah.    uqubah hanya di peruntuk bagi orang mukallaf ,     berbeda dengan musibah.       Uqubah terjadi untuk membuat seseorang  segera bertaubat atas kesalahan yang lalu dan bisa istiqomah di jalan yang benar. 

Sedangkan musibah adalah  kadang terjadi dengan tujuan untuk membuat  seseorang memohon pertolongan kepada ALLAH swt.    semakin bersabar, bertaqwa, dan menghambakan dirinya kepada ALLAH swt.    Sejatinya musibah berupa kemalangan.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post