Bacaan Doa Setelah Berwudhu


Wudlu adalah salah satu kegiatan bersuci (thoharah) dalam agama islam. 

Yang mana asal hukumnya adalah sunnah. Namun bisa menjadi wajib apabila dilakukan dengan tujuan hendak melaksanakan shalat. 

Karena shalat tidak akan sah tanpa bersuci terlebih dahulu. Jika wudhu dibutuhkan untuk melaksanakan shalat, maka wudlu pun menjadi wajib hukumnya.

Namun lebih dari itu, dilakukan saat hendak shalat, saat sedang sedih, marah, bahagia, kita tetap dianjurkan untuk senantiasa bersuci. 

Salah satunya dengan langgeng wudlu. Sebab adanya wudlu membuat wajah kita senantiasa bersih berseri, dan hati kita senantiasa tentram.

Bacaan doa setelah berwudhu :

Berikut ini adalah doa yang biasa dibacakan setelah selesai berwudlu sebagaimana dikutip dari kitab Kifayah Al-Ubbadiin (parukunan shalat)oleh Muhammad Abdullah bin Hasan.


اَشْهَدُ اَنْ لآاِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ عِبَادِكَ الصَالِحِينَ سُبْحَانَكَ اَلَّلهُمَّ وَبِحَمْدِكَ اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوبُ اِلَيكَ

ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLOOHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHU WA ROSUULUHU, ALLOOHUMMAJ'ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ'ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA WAJ'ALNI MIN IBADIKAS SHOLIHIN. SUBHANAKA ALLOHUMMA WA BIHAMDIKA ASTAGFIRUKA WA ATUUBU ILAIK


Artinya :

"Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersucI, dan jadikanlah aku dari golongan hamba-Mu yang shalih. Maha suci engkau. Dan aku memohon ampunan serta bertaubat pada-Mu" 


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post