Keutamaan Berdzikir Bagi Umat Muslim

Inilah keutamaan Berdzikir bagi umat Muslim. 

umat muslim


Simak penjelasannya berikut ini.

Sudah selayaknya manusia yang rendah dan tidak sempurna selalu mengingat Allah SWT.

Bahkan, dalam keadaan susah ataupun senang kita dianjurkan untuk selalu berserah diri kepada-Nya.

Mengingat Allah SWT bisa kita lakukan dengan berdzikir, yaitu salah satu ibadah sunnah untuk mengingat Allah SWT dalam bentuk ucapan lisan dengan berulang-ulang kali.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah keutamaan Berdzikir secara umum, salah satunya mendapatkan ampunan dan pahala yang besar dari Allah SWT.dapun orang yang selalu mengingat Allah SWT, maka akan diingat pula oleh Allah SWT.


Orang yang selalu mengingat Allah SWT, maka akan diingat pula oleh Allah SWT.

  • Allah SWT berfirman dalam Al Quran            surah Al Baqarah ayat 152:”Maka ingatlah kamu kepadaKu, niscaya aku akan ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepadaKu, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)Ku.” (QS. Al Baqarah:152).


Dengan rutin Berdzikir, maka Allah SWT akan selalu membersamainya. yang dijelaskan dalam hadits qudsi, 

  • Allah SWT berfirman:”Aku sesuai persangkaan hambaKu. Aku bersamanya ketika ia mengingatKu. Jika ia mengingatKu saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diriKu. Jika ia mengingatKu di tengah sekumpulan manusia, Aku akan mengingatnya di tengah sekumpulan hamba yang lebih baik daripada mereka (kumpulan malaikat).” (Muttafaqun ‘Alaih).


Berdzikir kepada Allah SWT, maka akan mengulangi sedekah dengan emas dan perak.

  • Rasulullah SAW bersabda:”Maukah ku beritahukan kepada kalian amal yang paling baik dan paling suci di sisi Rabb kalian, dan yang paling tinggi derajatnya untuk kalian, juga lebih baik bagi kalian daripada menginfakkan emas dan perak, serta lebih baik bagi kalian daripada bertemu dengan musuh kalian lalu kalian menebas batang leher mereka dan mereka membalasanya?” Para sahabat berkata, “Tentu mau, wahai Rasulullah SAW.” Maka beliau menjawab, “Dzikir mengingat Allah SWT.” (HR. At Tirmidzi no. 3377).


Keutamaan Berdzikir kepada Allah SWT :

Merupakan salah satu wasiat dari Allah dan RasulNya.

  • Dari Abdullah bin Busr ra, bahwa ada seorang lelaki berkata,”Wahai Rasulullah SAW, sesungguhnya syariat Islam ini telah banyak bagiku, maka beritahulah kepadaku sesuatu yang bisa aku pegang selalu.” Beliau menjawab, “Hendaklah lisanmu selalu basah karena berdzikir kepada Allah SWT.” (HR. At Tirmidzi no. 3375).

  • Allah SWT berfirman dalam Al Quran surah Al Ahzab ayat 41:”Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah dengan dzikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS. Al Ahzab:41).

Keutamaan Berdzikir yang Tidak Boleh Disepelekan :

Dengan memperbanyak Bal qurerdzikir, maka Allah SWT akan memberikan ampunan dan pahala yang besar bagi yang melakukannya.

  • Allah SWT berfirman dalam Al Quran surah Al Ahzab ayat 35:”Laki-laki dan perempuan yang banyak berdzikir (mengingat dan menyebut) Allah SWT, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al Ahzab:35).

Demikian sedikit pembahasan ataupun pemahaman tentang keutamaan berdzikir kepada Allah SWT, Wallahu A'lam

Semoga apa yang kami sampaikan dapat sedikit menambah pengetahuan dan bermanfaat.




Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post